Kajian Bahasa Arab Kotamobagu

Telah dibuka di Kotamobagu dan sekitarnya yang ingin belajar Bahasa Arab Gratis, bisa menghadiri kajian yang disampaikan oleh Al-Ustadz Abu Utsman Hafidzohullah, beliau alumni dari Darul Hadits Fuyusi Yaman. Kajian ini khusus untuk ikhwan, bertempat di Mesjid Al Musafir, Terminal Serasi.

  • Shorof, membahas Kitab Tasrif karya Ustadz Hasan bin Ahmad rahimahullah pada hari Selasa ba’da Magrib, ba’da Isya, dan Jum’at ba’da Isya.
  • Nahwu, membahas Kitab Al-Jurrumiyyah karya Ibnu Ajrrum rahimahullah pada hari Jum’at ba’da Maghrib
  • Durusul Lughoh al-Arabiyyah karya Syaikh Abdurrahim Vaniyambadi rahimahullah, pada hari Sabtu jam 10.00 pagi, Selasa 10.00 pagi. Untuk kajian ini bertempat di rumahnya Ustadz.

Mengapa harus belajar Bahasa Arab?

Allah Azza Wajalla berfirman :

إنا أنزلناه قرآنا عربيا لعلكم تعقلون

Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kalian memahaminya.” (Surah Yusuf ayat 2)

Umar bin Khotthob rodhiyallahu ‘anhu berkata “Pelajarilah basaha arab karena ia bagian dari agamamu.”

Imam Ahmad bin Hambal rahimahullah pernah berkata “Salah satu tanda keimanan orang ajam (non arab) adalah kecintaanya pada bahasa arab

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah “Tidak ada jalan lain dalam memahami dan mengetahui ajaran Islam kecuali dengan bahasa Arab

Jadi tujuan belajar Bahasa Arab adalah agar kita dapat memamahami syariat Islam dengan benar, karena di dalam Al-Quran, hadits-hadits Nabi ﷺ, kitab para ulama, semuanya dengan berbahasa Arab yang terang dan jelas.

Allahu a’lam..

Advertisements