Untuk yang Mengatakan Khuruj itu Wajib

Ada di kalangan manusia yang teler kemarin, sadar, terus langsung berdakwah, kira-kira apa yang ia bicarakan itu? Pastilah kesesatan, gak hafal satupun ayat Qur’an, gak hafal satupun hadits, berani bicara agama di depan kaum muslimin. Bukankah seorang yang ingin menjadi dokter ia harus belajar kurang lebih 6 tahun, baru bisa buka praktek, bagaimana mungkin gak pernah belajar kedokteran sebelumnya berani buka praktek, pastilah mati semua pasiennya. Begitu pula masalah agama, belajar dulu baru dakwah, bukan teler kemarin dakwah, agama Islam bukan agama main-main, bukan agama asal-asal, mereka inilah sejatinya yang merusak Islam.

Bahkan ada dari mereka yang nekat khuruj ke eropa, dengan dalil dusta bahwa “khuruj adalah jihad” “khuruj lebih baik daripada haji ke baitullah” mereka mengatakan “naik haji hanya untuk diri sendiri, tapi khuruj untuk umat” inilah lucunya mereka, tauhid gak ngerti, aqidahnya nol besar, baca kitab gak bisa, bahasa arab apalagi? Istri gak pakai jilbab, anak model preman, dakwahnya ke eropa? Allah gak akan tanya orang di eropa itu, antum dakwahin atau tidak? tapi Allah akan tanya keluarga antum!

Mereka inilah penyebar hadits palsu, memahami hadits menurut dengkul mereka sendiri, mengatakan wajib apa yang Allah dan RasulNya tidak mewajibkannya, memahami qur’an sepenggal-penggal, menggunakan dalil umum untuk melancarkan bid’ah mereka. Dakwah butuh ilmu bukan modal nekat, apakah Rasulullah ﷺ menyuruh arab badui yang kencing di mesjid untuk dakwah? Tentu tidak, tentu seorang yang berilmu yang yang diperintahkan berdakwah oleh Rasulullah ﷺ semisal Muadz bin Jabal, atau Abu Dzar al-Ghifari rodhiyallahu ‘anhuma. Belajar dulu baru dakwah, jangan sok masalah agama.

Yang sangat berbahaya mereka mengatakan khuruj itu wajib, darimana bisa wajib? selama 13 abad Islam berdiri tidak dikenal yang namanya khuruj, tidak terdapat dalam kitab fiqih 4 madzab, tidak ada dalam Qur’an dan Hadits bahwa wajib khuruj 4 bulan dalam setahun, 3 hari dalam sebulan, itu hanya muncul dari mulutnya para pendusta. Amalan yang baru muncul kemarin sore, tiba-tiba dibilang wajib. Allah berfirman dalam surah An-Nahl ayat 116 :

ولا تقولوا لما تصف ألسنتكم الكذب هذا حلال و هذا حرام لتفتروا على الله الكذب. إن الذين يفترون على الله الكذب لايفلحون

Dan janganlah kamu mengatakan terhadap apa yang disebut-sebut oleh lidahmu secara dusta, untuk mengadakan kebohongan terhadap Allah. Sungguh orang yang mengadakan kebohongan terhadap Allah tiadalah beruntung”

Hati-hati antum yang berani berdusta atas nama Nabi ﷺ, berani mengatakan khuruj itu wajib, Rasulullah ﷺ bersabda :

لا تكذبوا علي فإنه من يكذب علي يلج النار

Janganlah kalian berdusta atas namaku, karena siapa yang berdusta atas namaku niscaya dia masuk neraka.” [HR. Bukhori 106, Muslim 2, Tirmidzi 2584, Ibnu Majah 31, Ahmad 595, 953 dan lainnya] Ali bin Abi Tholib rodhiyallahu ‘anhu.

Dan dalam hadits lainnnya Rasululah ﷺ bersabda :

من كذب علي متعمدا فليتبوأ مقعده من النار

Barangsiapa yang sengaja melakukan kedustaan atas namaku, maka hendaklah dia menempati tempat duduknya dari neraka‘” [HR Bukhori 104 105 106, Muslim 3 4, Abu Daud 3166 dan sekitar 60’an hadits masalah ini] Anas bin Malik rodhiyallahu ‘anhu.

Wajib bagi kita yang mencintai Allah dan RasulNya untuk menjauh dari mereka ini, Rasulullah ﷺ bersabda :

سيكون في آخر أمتي أناس يحدثونكم ما لم تسمعوا أنتم ولا آباؤكم فإياكم وإياهم

Akan ada orang-orang pada akhir umatku menceritakan sebuah hadits kepada kalian yang tidak pernah kalian mendengarnya dan tidak pula bapak kalian. Maka kalian jauhilah mereka.” [HR. Muslim 7, Ahmad 7919] Abu Hurairah rodhiyallahu ‘anhu.

يكون في آخر الزمان دجالون كذابون يأتونكم من الأ حاديث بما لم تسمعوا أنتم ولا آباكم فإياكم وإياهم لا يضلونكم ولا يفتنونكم

Akan ada di akhir zaman para Dajjal Pendusta membawa hadits-hadits kepada kalian yang tidak pernah kalian mendengarnya dan bapak-bapak kalian juga belum pernah mendengarnya. Maka jauhilah mereka oleh kalian, sehingga mereka tidak dapat menyesatkan kalian dan tidak pula dapat memfitnah kalian” [HR. Muslim 8] Abu Hurairah rodhiyallahu ‘anhu.

Jangan tertipu dengan dzohirnya mereka, jubah, kopiah, surban, tasbih. Abu Jahal, Abu Lahab, Musailamah al-Kadzab, kaum munafiqun mereka juga memakai jubah dan surban. Ibadah adalah apa yang Allah dan Rasulnya bilang ibadah, bukan menurut aliran yang baru muncul kemarin sore. Wajib bagi kita mengikuti sunnah Muhammad ﷺ yang ada di Madinah, bukan Muhammad yang ada di India. Gak kebayang kalau semua umat islam ikut aliran satu ini, apa yang tersisa dari sunnah?

Kalau mau masuk surga contoh orang yang telah dijamin masuk surga, bukan nyontoh aliran yang gak jelas aqidah dan manhajnya. Contoh orang yang direkomendasi langsung oleh Allah dalam surah at-Taubah ayat 100, bukan orang yang suka berdusta atas nama Nabi ﷺ, bukan aliran yang menjauhi majelis ilmu, bukan ngikut aliran yang tidak dikenal selama 13 abad Islam berdiri.

Allah berfirman :

ومن يشاقق الرسول من بعد ما تبين له الهدى ويتبع غير سبيل المؤمنين نوله ما تولى ونصله جهنم، وسآءت مصيرا

Dan barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali.” An-Nisaa 115

Yang dimaksud jalan orang-orang mukmin dalam ayat di atas adalah Rasulullah ﷺ dan para sahabat, karena pas ayat ini turun gak ada orang beriman kecuali para sahabat, jadi wajib hukumnya mengikuti Rasulullah ﷺ dan para sahabatnya, dan haram menyelisihinya.

ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺃﻋﻠﻢ ﺑﺎﻟﺼﻮﺍﺏ

One thought on “Untuk yang Mengatakan Khuruj itu Wajib

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s