Ikhwan Sok Tahu

TONG KOSONG BUNYI NYARING

Bismillah..

Dikit kesel dengan ikhwan yang sok tahu tadi, gue kan tanyanya ke Ustadz bukan ke antum, sok tahu bener. Gak punya adab juga sama Ustadznya, yang ditanya Ustadznya dia yang jawab, sambil gaya meremehkan pertanyaan orang. Kalau antum sudah jago bikin kajian sendiri abis Isya, jangan sok tahu masalah agama. Ngaji lama adab zonk, lagian jawaban antum tadi kan nyeleh, haha.. Orang kaya gini tong kosong bunyi nyaring.

Merasa udah lama ngaji, berasa otak kaya’ Imam Nawawi, ahli fiqih Kaya’ Imam Syafi’i, hafal 1 juta hadits kaya’ Imam Ahmad, memuji diri sok tahu banget ente? Bahkan Imam Malik ditanya 40 pertanyaan, hanya 4 yang dijawab oleh beliau, lalu ente siapa? Langsung berani menjawab pertanyaaan yang bukan ditanyakan ke antum? Ente gak lebih pinter dari Imam Malik? Dengan mudahnya menganggap bodoh orang lain, sadar antum.

Emang ada salafi model kaya’ antum, salafi atau talafi? Ngaku salafi kok gak punya adab, perasaan gak ada para sahabat yang akhlaknya kaya’ antum, alhamdulillah orang kaya’ antum gak jadi Ustadz, kalau jadi Ustadz rusak dakwah sunnah ini. Dakwah tuh dengan hikmah bukan dengan meremehkan orang lain.

Ngeremehin orang boleh ajah sih kalau hafalan Qur’an 30 juz, hafalan hadits kutubus sittah. Ini tajwid mungkin belum bener, arbain no 1 itupun lupa, udah sok jadi Ustadz, hadeww.. Ikhwan kalau banyak ilmunya masyaAllah semakin merunduk, tawadhu, ramah, kentara memang kalau gak ada ilmunya tong kosong bunyi nyaring. Rusak dakwah ikhwan model kaya’ gini, sesama salafi modelnya kaya’ gini gimana dengan yang di luar salafi? Paling bapaknya di bid’ahin sama dia, orang tua di mesjid di bid’ah-bid’ahin sama dia, demi Allah rusak dakwah, kalau ikhwan model kaya’ antum.

Tidaklah kata Allah kalian diberi ilmu kecuali sedikit, lalu dengan sedikit itu antum sombong? Ingat gak akan masuk surga seorang yang ada kesombongan dalam dirinya, meremehkan manusia adalah ciri dangkalnya ilmu dan kesombongan..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s