Shaf Sholat Berantakan

Meluruskan shaf adalah hal penting yang harus diperhatikan sebelum memulai sholat, tapi terkadang di beberapa mesjid imam sholat langsung saja takbir tanpa meluruskan shaf makmum terlebih dahulu. Padahal Rasulullah Salallahu ‘alahi Wassalam tidak pernah memulai sholat tanpa meluruskan shaf terlebi dahulu.

“Luruskanlah shaf karena lurusnya shaf merupakan bagian dari kesempurnaan shalat. ” (HR. Bukhari & Muslim)

Dari hadits di atas dapat kita simpulkan bahwa meluruskan shaf adalah bagian dari kesempurnaan sholat. Namun sayang saat saya sholat di mesjid Al-Karim di desa Liberia Induk tadi shafnya berantakan gak karu-karuan, ada yang maju, ada yang mundur, ada yang miring dan tidak rapat antara jama’ah yang satu dengan yang lainnya. Dan hal ini sungguh membuat sholat jadi gak kusyu dan saling berselisih antara saya dengan jama’ah di sebelah. Seperti hadits yang Rasulullah Salallahu ‘alahi Wassalam.

“Hendaknya kalian meluruskan shaf kalian atau tidak Allah akan membuat wajah kalian berselisih .” (HR. Bukhari dan Muslim)

Jelas hadits di atas jika shaf tidak rapat akan membuat jama’ah sholat saling berselisih. Sudah seharusnya untuk Ustadz yang ada di kampung tersebut untuk mendakwahkan masalah ini. Kalau dibiarkan berlarut-larut maka akan menyebabkan tertahannya rahmat Allah Azza wa Jalla karena kurang sempurnanya sholat warga satu kampung.

Dan masalah shaf ini bisa kita ibaratkan dengan gigi kalau rapat lurus maka akan bagus, tapi kalau renggang, miring kanan-kiri, maka akan terlihat gak bagus dan perlu di behel dulu kayaknya hehe..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s