Berapa Orang Yang Sholat Subuh Di Desa Liberia?

Islam pada saat ini memang sangat terpuruk, terbukti dari jamaah sholat subuhnya yang hanya 1-2 orang saja. Pernah gue mau sholat di salah satu mesjid di Ternate, tidak ada satu orang pun yang sholat subuh, bahkan mesjidnya terlihat gelap gulita. Menurut gue sih Islam itu bisa dikatakan maju apabila jama’ah sholat subuhnya sama banyak dengan jama’ah sholat jum’at.

image

Begitu juga di kampung gue, orang yang sholat subuh berjama’ah hanya sekitar 5-6 orang secara konsisten. Kalau sholat maghrib jama’ahnya sampai 2 shaf, sedangkan sholat Isya hanya 1 shaf. Dan itupun hanya orang yang sudah sepuh alias kakek-kakek yang sering sholat berjama’ah di mesjid. Sedangkan yang muda-muda gak tau kemana?

Yang muda-muda kebanyakan masih kelayapan gak jelas, mungkin kebanyakan dari mereka masih nongkrongin game online yang lagi beken saat ini, apalagi kalau bukan COC. Game COC inilah yang membuat para remaja saat ini malas sholat, bahkan gak sholat sama sekali, bahkan lebih parah lagi gak tidur semalaman hanya untuk main game tersebut.

Sudah dapat dipastikan insyaAllah orang yang akan masuk surga kelak hanyalah orang-orang yang istiqomah sholat subuh, apalagi yang sholat subuhnya di kerjain di mesjid. Di kampung gue hanya beberapa nama berikut yang sering sholat subuh di mesjid Al-Fajr diantaranya : Bapak Slamet, Soyo, Rosimen, Gito, Hakim, Suradi, Ponijan, Darno dan tentunya gue sendiri satu-satunya yang masih mudah, belum nikah, masih perawan perjaka hehe.. 🙂 di Mesjid Al-Karim-pun hampir sama hanya yang tua-tua saja yang sholat berjama’ah di mesjid. Orang yang penampilannya masyaAllah pakai jubah, jenggotan, tasbih segede pimpong, pakai surban-pun gak pernah muncul batang hidungnya waktu sholat subuh, bahkan kepala sukunya jama’ah tabligh pun gak muncul waktu sholat subuh. Hanya orang-orang tua yang memang ada atau gaknya jama’ah tabligh mereka tetap ke mesjid.

Update 3 hari sebelum bulan Ramadhan 2018 (14 Mei 2018) yang sholat subuh di mesjid Al-Fajar desa Liberia. Pak Slamet, Darno, Ponijan, Klinteng, Rumadi, Maseri, Yuda, Samadji, Fajar, nama-nama yang konsisten sholat subuh berjamah dalam jangka satu bulan terakhir.

Update 2 minggu setelah ramadhan 2018 yang sholat subuh di mesjid Al-Fajr Pak Maseri, Ponijan, Samadji, Rumadi, Sunarman, ini orang-orang umum, gak ada dari jama’ah tabligh yang sholat subuh di mesjid. Apalagi pas piala dunia sepak bola, lebih gak mungkin lagi untuk untuk sholat subuh di mesjid.

Update yang istiqomah sholat subuh bulan agustus 2018 di mesjid Al-Fajar, Liberia Induk Bapak Maseri, Samadji, Rumadi, Slamet, Darno, Ponijan.

Emang sholat yang paling berat adalah sholat subuh. Iman seseorang dapat dinilai/diukur dari sholat subuhnya. Seseorang yang gak sholat subuh bisa jadi ia telah terjerumus dalam kemunafikan. Yang dimaksud munafik disini adalah munafik secara amaliyah bukan munafik secara aqidah yang dapat mengeluarkan orang tersebut dari Islam.

“Shalat terberat bagi orang-orang munafik adalah shalat isya’ dan subuh. Padahal seandainya mereka mengetahui pahala pada kedua shalat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walaupun harus merangkak .” (HR.Ahmad)

Yang gak sholat subuh aja termasuk munafik, apalagi yang gak sholat sama sekali? Naudzubillahi mindzalik.. Pesan gue, kalau yang baca ini akhwat yang belum nikah, jangan pernah nikah dengan lelaki yang gak pernah sholat subuh di mesjid, walaupun jubah, surban, jenggotan, tasbih segede pingpong, tapi kalau gak sholat subuh di mesjid, bisa jadi ia keturunan ‘Abdullah bin Ubay bin Salul. Dalam Shahih Muslim dari Abu Hurairah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda “Sesungguhnya Allah tidak melihat rupa dan harta kalian, tapi Allah melihat hati dan amalan kalian“. Tidak sholat subuh di mesjid adalah ciri dari salah satu ciri, cabang dari salah satu cabang kemunafikan. Gak ada satupun para sahabat yang gak ke mesjid untuk sholat subuh berjama’ah, kecuali memang munafik, yang terkenal kemunafikannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s