Apa sih Enaknya Dugem?


Dugem? sorry, itu bukan gue banged.. Dari dulu sampai sekarang gue itu gak suka dengan yang namanya dugem atau joget-joget gak jelas. Dengan suara musik yang sangad keras aja udah membuat gue gak nyaman, apalagi harus joget jingkrak2 kayak setan gituh.

Tapi anehnya hampir semua anak mudah seusia gue semuanya suka dengan yang namamya dugem. Entah yang muslim atau nonmuslim, cewek atau cowok semuanya antusias bila ada acara dugem.. Acara dugem ini biasanya diadakan mulai jam 11 malam sampai pagi, sudah pasti gak sholat subuh. Biasanya sih pas ada acara pernikahan atau semacamnya.

Menurut gue acara dugem ini lebih banyak mudaratnya daripada manfaatnya, banyak tuh cowok-cowok sebelum dugem pasti mabok dulu, kalau ditanya katanya “supaya nanti jogetnya lebih berani..” Nah kalau udah mabok gini, biasanya nih cowok-cowok ujung-ujungnya tawuran, gebuk-gebukan, dan parahnya lagi ada juga yang bacok-bacokan. Kalau udah kayak gitu pasti diantara cowok-cowok tersebut ada yang masuk kantor polisi.

Gue dulu juga pernah nyoba yang namanya dugem, walaupun cuma sekali doank. Gue joget-joget gak jelas kayak setan kesetrum, haha.. emang ada setan kesetrum? emang waktu itu gue masih labil dan ikut-ikutan teman masuk acara, akhirnya gue juga ikut dugem.. Gue itu sebenarnya gak bisa joget, pas dugem gue cuma muter-muter gak jelas kayak ayam yang lagi ayanen, hehe.. pokoknya joget gue ancur banged..

Dugem itu sebenernya kebiasaan orang kafir yang sangat di sukai oleh banyak orang Islam saat ini, terutama generasi mudah. Mereka yang sering dugem itu sebenarnya udah tau kalau dugem itu hukumya haram buat orang islam, tapi tetep ngeyel gak mau berhenti dan mala bangga katanya “gak gaul kalau gak dugem”  Gaul sih gaul, tapi gak harus merelahkan diri sendiri masuk neraka! Maksiat kok dibanggain? naudzubillahi minzalik..

Dari Ibnu Umar berkata, Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda :

              ﻣَﻦْ ﺗَﺸَﺒَّﻪَ ﺑِﻘَﻮْﻡٍ ﻓَﻬُﻮَ ﻣِﻨْﻬُﻢْ

Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk golongan mereka.” (HR. Abu Dawud, Al-Libas, 3512. Shahih no. 3401)

Intinya dugem itu kan kebiasaan orang kafir, nah kalau lho ikut-ikutan dugem berarti lho termasuk golongan orang kafir tersebut..

Gimanah? jadi guys kalau menurut gue kebiasaan dugem tuh harus dikurangain. Lebih baik kan sholat tahajud malam daripada dugem sampai pagi yang jelas-jelas gak ada gunanya dan hanya menambah banyak dosa kita.. Jangan sampai kita mati dalam keadaan banyak dosa, kan udah banyak kejadian abis dugem pulang pagi-pagi kecelakaan terus mati..

image

Dua remaja asal desa Mopait, @KotaKotamobagu meninggal dunia akibat kecelakaan motor. Diduga abis dugem dan mabok.

Nah.. Kalau sudah kayak gitu mau gimana lagi? Menyesal pun sudah gak bisa guys..

Gue bukan sok suci guys, gue juga banyak dosa.. Gue hanya berusaha untuk tidak menambah dosa gue, dengan yang namanya dugem..

One thought on “Apa sih Enaknya Dugem?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s