Mungkinkah Semua Keluarga Gue Akan Masuk Surga?


Semua orang dalam keluarga gue mempunyai kelakuan yang aneh dan tidak wajar, dan sangat menyimpang dari ajaran Islam yang sebenarnya. Agak aneh memang, apakah semua keluarga yang lain juga seperti ini? Mulai dari paman gue yang nomor 2, beliau memutuskan untuk masuk kristen cuma gara-gara tinggal di daerah yang mayoritas masyarakat-nya beragama kristen. Mungkin memang susah dan sulit untuk untuk tetap beragama Islam di tempat yang hampir 100% orang-nya beragama kristen, tapi kalau emang iman yang kita miliki kuat, maka semua itu tak akan jadi maslah.

Begitu juga dengan paman gue yang ke-3, paman gue rela meninggalkan agama Islam hanya karena ingin menikahi seorang wanita yang beragama kristen. Padahal sebelum masuk kristen paman gue yang satu ini bisa dibilang rajin pergi ke mesjid, tapi aneh-nya kok bisa-bisanya ninggalin Islam cuma gara-gara cewek doank? Dan paling aneh-nya lagi paman gue ini, setelah masuk kristen menjadi sangat rajin masuk gereja dan beribadah. Untuk paman gue yang ke-1 beliau masih tetap beragama Islam, walaupun Islam-nya tuh Islam KTP Doank. Tapi gue masih tetap bersyukur..

Kemudian untuk kakek gue, kakek gue nih orang-nya sangat keras dan sering membentak. Baru-baru ini saja gue dimarahin abis-abisan, karena menendang motor (motor kredit) yang pada saat itu membuat gue jengkel, karena saat gue mau masukin motor tersebut mala kandas di trotoar dan gak bisa di gas. Dengan susah payah dan emosi yang mulai meluap, tanpa pikir panjang gue langsung tendang motor tersebut. Pada saat gue tendang motor sial tersebut, gue gak sadar kalau ada kakek gue yang melihat dari dalam rumah. Karena hal itulah kakek gue marah besar ke gue.

Kakek gue ini sebelumnya tuh gak pernah sholat, gak pernah ke mesjid, gak pernah puasa, pokoknya apa yang diperintahkan dalam Islam tidak pernah dilakuin. Tapi hal ini sedikit mulai berubah saat ada orang-orang berhati malaikat yang pada saat itu datang ke rumah untuk mengajak kakek gue sholat di mesjid, karena ajakan tersebut kakek gue pun pergi ke mesjid. Karena peristiwa itu pun kakek gue udah mulai sesekali pergi ke mesjid. Namun kakek gue ini mungkin gak tau sama sekali bacaan dalam sholat, sehingga gue gak yakin kalau sholat-nya itu diterima apa enggak oleh Allah?

Sedangkan yang paling parah adalah nenek gue. Tak ada satu pun perintah Allah yang dilakuin ama nenek gue ini. Mulai dari gak sholat, gak pakai jilbab, gak puasa, ngerokok dan yang paling parah-nya lagi nenek gue ini dulunya sering main dukun, buat sesajen dan hal-hal yang berbau syirik lainnya. Kebanyakan nenek gue ini sering membuat sesajen saat ada acara penting seperti saat lahirnya adik gue, saat mau hari raya dan acara penting lainnya.

Next ayah gue, ayah gue nih sebenarnya dulu waktu gue masih kecil sangat rajin sholat. Tapi setelah beberapa tahun kemudian sholat ayah gue mulai kendor (banyak bolong-nya). Ayah gue sekarang ini kalau sholat sering tidak sesuai dengan waktu sholat, misalnya sholat subuh jam 7, sholat zuhur jam 2, sholat asar jam 5, dan sholat isya biasanya jam 8-10 malam. Dan aneh-nya lagi ayah gue kalau sholat sangat jarang ambil air wudu. Biasanya bila ayah gue ambil air wudu untuk sholat asar, maka untuk sholat magrib dan isya ayah gue sudah tidak mengambil air wudu lagi. Ayah gue ini selalu mempunyai banyak alasan bila diajak ke mesjid, biasanya cuma cengengesan bila diajak ke mesjid.

Dan yang terakhir adalah ibu gue, ibu gue ini orang-nya gak memakai jilbab, sangat tempramental dan emosional. Bila gue punya salah sedikit saja, pasti ibu gue ini sudak gak masakin sayur lagi buat gue, gak rebus air, terkadang kalau ada masakan yang enak pasti disembunyiin, sering banting meja kursi dengan kasar, kalau buka pintu sudah gak pakai tangan tapi pakai kaki (ditendang dengan kasar), sering memaki-maki (berbicara dengan kasar) dan hal negatif lainnya.

image

Hal-hal di atas memang benar-benar terjadi dalam keluarga gue, gue gak pernah nambah-nambahin. Gue membuat postingan ini hanya untuk sekedar mengeluarkan unek-unek gue, yang gue pendam selama ini. Semoga dengan berjalan-nya waktu kakek-nenek, ayah-ibu gue, termasuk gue agar lebih bisa mendekatkan diri kepada Allah. Untuk ayah gue semoga lebih rajin dan lebih khusyuk lagi sholat-nya, untuk ibu semoga lebih bisa mengurangi sifat tempramental dan emosional-nya, untuk kakek gue semoga lebih rajin ke mesjid-nya agar lama-lama bisa hafal semua bacaan dalam sholat, dan yang terakhir buat nenek gue semoga tidak lagi membuat sesajen, main dukun, hentiin ngerokok-nya dan segeralah sholat.

2 thoughts on “Mungkinkah Semua Keluarga Gue Akan Masuk Surga?

  1. Kejawen??? Indonesia ngasih batasan agama, sehingga kalau agama kita tidak ada dalam daftar agama yg di validkan sama pemerintah ya terpaksa kita milih yg gak sesuai dgn keinginan kita.. mungkin keluarga mas itu ada yg kejawen? Terus di KTP nya ditulis Islam untuk mengikuti alur mayoritas org dlm beragama…

    Masuk surga atau nggak, who knows ya… kita gak tau bgmn Allah menilai org… Allah cuma mencontohkan bgmn org2 dahulu yg ingkar… Allah gak pernah menceritakan bahwa “ini-kriteria-masuk-neraka” secara utuh dan ujung2nya lagi semua kembali sama keputusan Tuhan…

    Mungkin keluarga mas belum paham Islam… kalau org itu mengikuti kebenaran/pakai akalnya, ketika dikenalkan dengan Islam pasti ikut,.. tp kalau org itu pakai hawa nafsu (gak ada pertimbangan yg matang) ya mau dikenalin mau nggak ya gak bakal ikut mas….

Leave a Reply

