Tetap Semangat Walaupun Gagal Kuliah Tahun Ini


Sempat iri hati melihat teman-teman gue dulu di sma hampir semuanya melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu kuliah. Mungkin Allah memberikan jalan lain yang baik bagiku, dengan tidak mengizinkanku kuliah tahun ini. Mungkin saja bila aku memaksa kuliah tahun ini, bisa saja aku tertabrak mobil atau tertabrak motor saat pergi kuliah hehe.. Jadi aku tetap bersyukur dan mengucap Alhamdullilah karena tidak jadi kuliah tahun ini.

image

Sebenarnya gue sangat ingin kuliah tahun ini. Tetapi karena masalah biaya, jadi gue harus menunggu tahun depan untuk bisa melanjutkan kuliah. Bukan cuma biaya, masalah satu-satunya tetapi masih ada faktor lain yang menyebabkan aku gagal kuliah tahun ini diantaranya :

1. Belum bisa menentukan jurusan apa yang gue harus ambil?
Ternyata memilih jurusan kuliah tidak semudah yang gue bayangin dulu. Ternyata banyak yang harus dipertimbangkan misalnya mampukah gue di jurusan yang gue ambil tersebut? Prospek kerja apa yang gue bisa dapatkan bila lulus dalam jurusan kuliah tersebut? Pertanyaan itu sering muncul di otak gue, sehingga membuat gue sangat bingung dan bimbang.

Untuk saat ini ada 3 jurusan kuliah yang terngiang di otak gue diantaranya adalah jurusan Akuntansi, jurusan Pendidikan Biologi, dan jurusan Sastra Bahasa Inggris.

=> Akuntansi
Mengapa Akuntansi? Karena jurusan Akuntansi memiliki prospek kerja yang bisa dibilang menjanjikan, diantaranya menjadi pegawai bank maupun menjadi dosen dan masih sangat banyak peluang kerja lainnya yang bisa didapat dari jurusan Akuntansi. Ditambah lagi nilai Matematika dan Fisika gue yang sangat menunjang, nilai matematika berturut-turut dari semester I sampai semester VI di sma adalah 7,8,9,9,9,9 begitu juga dengan mata pelajaran Fisika.

=> Pendidikan Biologi
Mengapa Pendidikan Biologi? Hal yang sangat membantu adalah gue sangat menyukai pelajaran Biologi. Sampai-sampai gue hampir punya semua buku mata pelajaran Biologi. Dan juga nilai Biologi gue di sma tidak pernah turun dari angka 9 mulai dari kelas X – XII dan terus meningkat di semester VI. Prospek kerja dari jurusan Pendidikan Biolagi ini juga sangat bagus, yaitu menjadi seorang pahlawan tanpa tabda jasa, tahu kan? Yups bener banget jadi guru maksudnya, hehe..

=> Sastra Bahasa Inggris
Sama halnya dengan Pendidikan Biologi, jurusan Sastra Bahasa Ingris prospeknya juga adalah menjadi seorang pengajar baik sebagai guru, maupun dosen. Mengapa Bahasa Inggris? Karena memang Bahasa Inggris adalah salah satu pelajaran kesukaan gue, selain Matematika, Biologi, dan Fisika. Gue bisa dibilang adalah siswa terpandai dalam Bahasa Inggris baik di smp maupun di sma hehe.. Gue bahkan mengoleksi hampir 2000 lagu berbahasa Inggris, untuk menunjang speak dan listening gue dalam berbahasa Inggris.

Sampai sekarang ini ke-3 jurusan itu yang membuat gue bingung, seandainya saja gue bisa mengambil ketiga-tiganya, pasti akan kuambil semuanya..

2. Universitas mana yang gue mau ambil?
Jujur saya sangat bingung mau nerusin ke universitas mana? Masuk negeri atau swasta? Pilih universitas yang dekat dengan biaya murah, namun universitasnya tidak terlalu bagus atau mau milih universitas yang bagus, namun jauh dan biayanya mahal? Ditambah lagi gue adalah anak seorang yang kurang kaya, alias kurang mampu, hehe..

Niat gue sih inginnya ambil kuliah di luar daerah gue saat ini, karena gue ingin memulai sebuah hidup yang baru. Memulainya kembali dari nol dan membuka lembaran-lembaran hidup yang baru. Karena sangat banyak my terrible things (omongan gue udah kaya mantan pacar Zaskia Gotik haha.. lol) yang ada di pikiranku saat ini sih antaranya kuliah di Manado atau gak di Gorontalo?

3. Belum adanya fasilitas kendaraan maupun laptop
Sebenarnya kalau kendaraan tidak terlalu penting, bila kuliahnya di luar kota. Kalau kuliahnya di luar kota ya tinggal ngekos aja di dekat kampus. Tapi kalau laptop merupakan harga mati bagi seorang mahasiswa, karena dengan adanya laptop akan sangat membantu mengerjakan tugas-tugas kampus, apalagi untuk menyusun skripsi.

Dengan adanya beberapa hal di atas gue terus berpikir, bagaimana caranya agar dapat kuliah di tempat yang bagus dan dengan biaya yang murah? Mungkin mustahil, tetapi saat kuliah nanti gue akan berusaha mendapatkan beasiswa, insya Allah dapat! Amin..

Di saat gue menulis postingan ini, usia gue udah 18 tahun dan besok usia gue akan bertambah satu tahun lagi menjadi 19 tahun. Jadi ini bisa dibilang postingan terakhir gue di usia 18 tahun hehe.. Pengen nangis rasanya bila gue ingat masa-masa gue di usia 18 tahun xixi..

Goodbye Yesterday..
Semoga di usia gue yang ke 19 tahun gue lebih taat beribadah, lebih dewasa, lebih bijaksana dalam bertindak, lebih pinter & cerdas lagi tentunya, lebih teliti dalam berpikir, semoga badan gue tambah gedeh, semoga gue lebih banyak temen, lebih sukses dari usia gue sebelumnya, lebih banyak rezeki, tidak bersifat kekanak-kanakan, tambah ceria & tidak galau lagi,   lebih bisa membanggakan kedua orang tua, lebih bermanfaat, dan yang terakhir semoga postingan gue di usia yang ke 19 lebih banyak yang komen haha..

Amin..πŸ™‚

One thought on “Tetap Semangat Walaupun Gagal Kuliah Tahun Ini

  1. Hallo Ardi!
    Sori baru bisa mengunjungimu. #tsah

    Btw, boleh ralat donk apa yang kamu tulis di atas?

    1. Tentang pertimbanganmu soal kuliah dan prospek kerja. Satu hal saja. Kuliah itu mencari ilmu. Bukan ijazah untuk mendapatkan pekerjaan. Its ok? Jadi pertimbangan untuk kuliah adalah utamakan apa yang paling kamu cintai dari pilihan jurusan itu. #ini berdasarkan kegalauanmu

    2. Siapa bilang laptop dan kendaraan harga mati? Ada rental buat mengetik. Saya pernah kuliah dan tidak memiliki keduanya sampai lulus. Dan tenyata bisa lulus, kan? Bahkan tercepat kedua #sttt
    Kendaraan, sempat punya sepeda. Tapi tahun ke3 kemalingan. Ya jalan kaki deh. Kalau jauh ya naik angkot.

    3. Setiap ada niat pasti ada jalan. Pasti. Jadi tetap jaga semangatmu.

    4. Sambil menunggu tahun depan untuk kuliah, cobalah berwirausaha. Pasti menyenangkan!

    #Sori ya saya sotoy. Tapi percayalah, saya tidak berbohong.πŸ˜›

    Cheers
    Dyah Sujiati
    http://dyahsujiati.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s