Seni Tari Dari Bolaang Mongondow


image

Bolaang Mongondow merupakan salah satu suku di Indonesia yang mempunyai beragam seni tari berikut beberapa seni tari dari Bolaang Mongondow :

TARI TAYO
Biasanya ditarikan oleh seorang bolian atau burangin, seorang wanita dalam intrans (kesurupan), diiringi tabuhan gimbal dan golantung (kecil dan besar). Sambil menari, menyanyikan lagu-lagu bondit diselang-selingi tenden yang dinyanyikan oleh beberapa orang wanita atau pria. Pada upacara pengobatan tradisional atau upacara ritual lainnya.

TARI JOKE
Ditarikan oleh pria satu orang atau bersama-sama sambil menari diiringi lagu bondit, tolibag, odenon. Penari yang lincah dapat menimbulkan tawa ria, apalagi karena saat menari diselubungi selendang atau sapu tangan warna warni oleh gadis-gadis.

TARI MOSAU
Biasanya ditarikan oleh pria saat mengawal raja atau pengantin menuju ke rumah pengantin wanita. Penari memakai pedang kayu dan perisai (kaleau) diiringi tabuhan gandang.

TARI RONKO/TARI RAGAI
Sejenis tari silat untuk memperlihatkan keperkasaan atau kelincahan. Kebanyakan tari ini dipentaskan oleh laki-laki, namun ada juga perempuan yang ikut dalam tarian ini.

TARI TUITAN
Ditarikan oleh barisan pengawal raja (kolano), diiringi tabuhan gandang. Penari berselempang sikayu, ikat kepala dan membawa tungkudon (tombak berhias bulu) dan kaleaw (perisai). Tuitan dapat juga dimainkan pada saat penjemputan tamu agung, diiringi tabuhan kulintang besi.

TARI KABELA
Dikreasikan dari adat kebiasaan menjemput tamu dengan menyuguhkan sirih pinang yang diletakkan dalam kabela. Ditarikan berkelompok oleh wanita. Setiap penari masing-masing memegang sebuah kabela. Tari ini bisa di bilang tari yang paling terkenal di Bolaang Mongondow.

TARI KALIBOMBANG
Dikreasikan berdasarkan ceritra perjodohan antara pria Oyotan dari Bolaang dan wanita Kalibombang dari Mongondow. Penarinya berkelompok pria dan wanita berpasang-pasangan dengan memegang selendang.

TARI POMAMAAN
Dikreasikan dari adat kebiasaan menjemput tamu dengan menyuguhkan sirih pinang yang diletakkan dalam pomamaan (sejenis bakul tempat sirih pinang). Ditarikan secara berkelompok oleh wanita sambil menyandang bakul.

TARI MONUGAL
Dikreasikan dari cara penanaman padi ladang dengan memakai totugal (alat pelubang tanah), pria memegang totugal sedangkan wanita memegangi bakul tempat benih padi, dilengkapi dengan penari yang menutupi
lubang dengan sapu (mogibu).

TARI MOKOYUT
Dikreasikan dari cara memetik padi ladang dengan memakai langkapa (ani-ani) dan kompe (bakul). Dalam tari mokoyut nampak gerakan memetik, melepaskan padi dari bulirnya (molidok), menjemur, menumbuk, menampi hingga menjadi beras. Ditarikan oleh wanita secara berkelompok.

TARI KIKOYOG
Dikreasiakan dari cara memetik padi dengan menuruti kepercayaan leluhur, bahwa padi memiliki dewi yang harus dihormati agar dapat memberi hasil banyak. Juga ditarikan secara berkelompok.

TARI MOKOSAMBE
Sebuah sendra tari yang dikreasikan berdasarkan cerita tentang seorang pangeran bernama Mokosambe kawin dengan putri bungsu dari kayangan bernama Poyondi’. Konon seorang bernama Bangkele’ memiliki tujuh buah sumur dekat sebuah gua di tepi pantai. Satu saat seorang putra raja bernama Mokosambe datang memancing di laut dekat gua dan sumur bangkele.

Itulah beberapa seni tari tradisional yang terdapat di Bolaang Mongondow..

One thought on “Seni Tari Dari Bolaang Mongondow

  1. Pingback: Seni Tari dari Bolaang Mongondow | WartaBolsel.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s