10 Fakta Menarik Dari Desa Liberia


image

Liberia merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Modayag, kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara. Desa Liberia bisa di bilang desa yang masih alami dan kualitas udaranya yang sangat bersih. Berikut sepuluh fakta yang menarik dari desa Liberia:

1. Desa Liberia merupakan nama desa yang unik. Nama desa ini sama dengan nama negara yang ada di Afrika. Entah bagaimana nama ke dua desa dan negara ini bisa sama? mungkin hanya kebetulan saja. Desa Liberia ini juga memiliki tetangga yang unik juga yaitu desa Purworejo, Purworejo juga merupakan nama salah satu kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kok bisa sama ya? tanyakan pada pak domo, hehehe..

2. Di desa Liberia terdapat perkebunan yang beraneka ragam seperti perkebunan kopi, perkebunan padi, perkebunan kelapa dan masih banyak lagi. Ini terbukti dengan di bangunnya gilingan padi dan kopi di desa Liberia tepatnya di Dusun V, gilingan ini selalu ramai setiap harinya. Oh ya, di gilingan padi ini tempat biasanya anak-anak bermain sepak bola pada waktu sore hari maupun pada pagi hari.

3. Mata pencaharian masyarakat di desa Liberia didominasi pada sektor pertanian. Namun ada juga masyarakat yang berternak Sapi, Bebek, Ayam, maupun berternak ikan. Ternak Ayam yang paling terkenal di desa Liberia adalah ternak Ayam milik pak Samadji. Ternak Ayam milik beliau semakin sukses dan berkembang setiap harinya.

4. Di desa Liberia terdapat semacam pertunjukan seni yang di sebut Jaranan. Jaranan merupakan pertunjukan seni yang dalam pementasannya orang yang bermain Jaranan di hias sedemikian rupa, ada yang bermain kuda kudaan sambil membawa pecut, ada juga yang jadi Barongan. Pementasan Jaranan juga diiringi dengan musik instrumental, seperti Suling, Gendang, dan sebagainya. Pementasan Jaranan biasanya diadakan pada acara sunatan atau pernikahan, tetapi dengan berjalannya waktu pementasan Jaranan sudah sangat jarang dipentaskan, sungguh sangat disayangkan.

5. Di desa Liberia terdapat gunung berapi aktif yaitu gunung Ambang, gunung yang sudah lama tidak meletus ini mempunyai mata air panas di puncaknya. Gunung Ambang merupakan ikon dari desa Liberia. Gunung Ambang sudah sangat lama tidak meletus alias masih tertidur. Dengan keadaan yang sepertinya telah sangat memburuk di Liberia seperti perzinaan, balapan liar, meminum-minuman keras yang dilakukan para remaja, bukan tidak mungkin akan membangunkan Gunung Ambang.

6. Di desa Liberia juga terdapat banyak sekali danau, danau yang paling terkenal di antaranya adalah danau Blumbang, danau Jongglangan, dan danau Talaga. Maaf dari nomor 6-9 artikelnya sudah sedikit ngawur, jadi maklum aja haha..

7. Desa Liberia juga memiliki banyak sungai terkenal seperti sungai Kalen, sungai Got, dan sungai Kali.

8. Di desa Liberia juga terdapat air terjun yang sangat indah dan cocok buat rekreasi, seperti air terjun Pancuran dan air terjun Grojokan.

9. Di desa Liberia juga terdapat tempat permandian yang sering dikunjungi oleh anak-anak maupun orang dewasa. Di permandian ini tidak di pungut biaya sepeser pun alias gratis, dengan fasilitas yang tidak memadai sama sekali. Sebenarnya bila pemerintah setempat memperhatikan permandian ini, mungkin akan menjadi tempat wisata yang ramai.

10. Di desa Liberia mayoritas penduduknya beragama Islam, kecuali di dusun V terdapat beberapa warga yang beragama Kristen. Walaupun begitu tidak pernah ada permusuhan antar umat beragama di desa Liberia. Antara Islam dan Kristen sangat saling menghormati, saling membantu dan gotong royong.

Itulah fakta-fakta menarik dari desa Liberia semoga bermanfaat dan kalau ada waktu silahkan berkunjung ke desa Liberia, banyak cewek cantik lho.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s