Tari Kabela : Tarian Asal Bolaang Mongondow


image

Tari Kabela adalah tarian yang
berasal dari Bolaang Mongondow (Bolmong), Tari Kabela diperuntukan buat menyambut tamu yang dihormati. Memuliakan hubungan yang baik antar manusia. Ekspresi seni tari ini mengungkap kedalaman falsafah hidup serta nilai budaya masyarakat Bolmong yang sangat terbuka bagi persahabatan dan sekaligus bagi kemajuan.

Sementara kabela itu sendiri
adalah sebuah Kotak, setiap
warga asli Bolaang Mongondow atau orang luar yang setidak-tidaknya pernah mengenal dan mempelajari budaya Orang Mongondow pasti tidak asing dengan sebuah kotak berisi sirih, pinang atau cengkeh yang sering terlihat pada saat dilangsungkan acara adat Bolaang Mongondow. Ukurannya bervariasi mulai dari ukuran kecil (10 cm x 5 cm x 5 cm) sampai dengan ukuran yang lumayan besar (30 cm x 25 cm x 20 cm). Ciri utama dari Kabela ini adalah pada bagian luar dihiasi dengan manik-manik yang
membentuk gambar tertentu
(simbol) atau pola-pola geometrik.

Namun dalam pengembangannya saat ini, dalam kotak kabela ini bukan lagi sirih yang diletakkan dalam kabela melainkan bunga yang akan dipancarkan kepada para tamu sebagai tanda suatu ungkapan selamat datang kepada tamu yang terhormat serta diiringi rasa memuliakan hubungan yang baik antara masyarakat dan tamu yang datang ke daerah ini.

Tari Kabela ini biasanya dilakukan oleh para penari wanita dengan jumlah 3, 5, 7 hingga 9 penari dan diiringi musik/lagu tradisional Bolaang Mongondow dengan durasi
penyajiannya kira-kira selama 7 menit. Tarian Kabela saat ini sering dipentaskan pada setiap acara-acara resmi pada masyarakat Bolaang Mongondow. Kabela bukan hanya sekedar kotak berhias manik-manik biasa, melainkan simbol adat Orang Mongondow yang masih dipertahankan hingga sekarang.

SEKIAN! SEMOGA BERMANFAAT

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s